Tips & Trik

TIDAK BOLEH ASAL PAKAI, PELAJARI CARA TEPAT MEMAKAI EARMUFF


Bagi pekerja industri penting untuk menjaga diri dari paparan kebisingan, terutama paparan kebisingan yang melebihi nilai ambang batas (NAB) 85 dBA dengan jangka waktu 8 jam/hari. Pekerja yang terus-menerus terkena paparan dapat menimbulkan efek samping pada pendengaran, telinga akan mengalami penurunan performa pendengaran, stres akibat pekerjaan serta dapat meningkatkan risiko kecelakaan kerja.


Bagi pekerja industri paparan kebisingan memang tidak dapat dihindari, namun tetap dapat diminimalisir dengan penggunaan pelindung pendengaran seperti earmuff. Penggunaan earmuff yang tepat dapat melindungi pekerja dari risiko paparan kebisingan. Efektivitas earmuff akan menurun apabila digunakan dengan cara yang kurang tepat. Oleh sebab itu, penting bagi pekerja untuk mengetahui cara penggunaan earmuff yang tepat agar earmuff berfungsi secara efektif dan optimal.  


Cara Penggunakan Earpuff yang Tepat


Langkah-langkah penggunaan earmuff yang tepat, sebagai berikut:


Headband


1. Earcup (bulatan yang terdapat di sisi kana dan kiri) ditempatkan tepat di telinga

2. Headband disesuaikan dengan cara digeser ke atas atau ke bawah hingga earcup dapat menutup telinga dengan sempurna.


Folding


1. Earcup dan earband diposisikan terbalik, kemudian tarik perlahan earcup ke atas secara bergantian

2. Tempatkan earcup tepat ditelinga

3. Headband disesuaikan dengan cara digeser ke atas atau ke bawah hingga earcup dapat menutup telinga dengan sempurna.


Multiple-Position


Multiple-position earmuff dapat digunakan dengan berbagai posisi headband, baik di atas kepala, belakang kepala, atau di bawah dagu. Posisikan tali headband di atas kepala, jika headband berada di belakang kepala atau di bawah dagu.


1. Earcup ditempatkan tepat di telinga

2. Headband disesuaikan dengan cara digeser ke atas atau ke bawah hingga earcup dapat menutup telinga dengan sempurna.

3. Ketika earmuff digunakan dengan posisi headband di belakang atau di bawah dagu, tali headband harus dipasang pada slot di bagian atas earcup, seperti pada gambar.


Cap-Mounted


Cap-mounted earmuff dirancang untuk dipasang langsung pada helm keselamatan dengan slot adaptor yang sudah disediakan pada masing-masing sisi helm.


1. Adaptor dipasang pada masing-masing sisi helm keselamatan dengan cara menggeser adaptor ke dalam slot

2. Masing-masing earmuff dipasang ke dalam adaptor dengan cara menggeser komponen pengait pada adaptor

3. Pakai helm keselamatan, lalu sesuaikan earmuff dengan cara menggeser ke atas atau ke bawah hingga earcup dapat menutup telinga dengan sempurna.


Neckband


Neckband earmuff juga bisa digunakan bersamaan dengan helm keselamatan atau tameng muka (face shild).


1. Panjang tali headband pada earcup disesuaikan sampai benar-benar nyaman saat digunakan di atas kepala

2. Earcup ditempatkan tapat di telinga dengan posisi tali headband sudah terpasang erat di atas kepala.


Poin Penting Penggunaan Earmuff


  • Baca dan ikuti semua petunjuk pemasangan earmuff yang direkomendasikan produsen.
  • Pastikan rambut tidak menutupi telinga saat earcup dipasang.
  • Hindari penggunaan pelindung pendengaran di area minim paparan kebisingan, sesuaikan dengan situasi kerja dan kebutuhan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau mendengar sinyal peringatan di tempat kerja.


Perawatan Earmuff


  • Lakukan pemeriksaan pada earcup dan ear cushion (bantalan telinga) dari kerusakan, keausan, dan kelenturannya. Ganti ear cushion jika terdapat kerusakan fisik atau tidak lentur lagi.
  • Lakukan pemeriksaan pada unit headband dari kerusakan, keausan, dan kelonggaran. Ganti headband jika sudah longgar sehingga earcup tidak menempel sempurna.
  • Earcup dan ear cushion dibersihkan secara teratur dengan deterjen cair ringan dan lembut, lalu dibilas dengan air hangat. Pastikan bahan peredam suara di dalam penutup telinga tidak basah.
  • Ganti bantalan telinga dan busa di dalamnya setiap 6-8 bulan untuk pemakaian normal, atau setiap 3-4 bulan untuk frekuensi pemakaian sering atau penggunaan pada kondisi lingkungan dengan kelembaban tinggi atau cuaca ekstrem.


Pelindung pendengaran merupakan alat pelindung telinga dari paparan kebisingan.  Pemasangan earmuff yang tidak tepat dapat mengurangi efektivitas pelindung pendengaran selama waktu paparan kebisingan. Cek pelindung pendengaran anda apakah telah terpasangan dengan tepat dan nyaman di telinga anda?


Temukan berbagai pelindung pendengaran yang tepat untuk keperluan pekerjaan anda di Sellcons Solutions.