Tips & Trik

CARA MUDAH MEMBERSIHKAN TUMPAHAN OLI DENGAN CEPAT DAN TEPAT


Apa yang akan anda lakukan apabila dilantai rumah atau tempat kerja anda tedapat tumpahan oli yang berceceran?


Tentu anda pasti akan mencoba membersihkannya terlebih dahulu sebelum tumpahan tersebut membuat orang lain tergelincir dan jatuh, namun perlu anda ketahui bahwa untuk membersihkan tumpahan oli tidak semudah seperti membersihkan tumpahan air pada umumnya.


Cairan hidrokarbon atau oli tidak sama dengan cairan biasa, untuk membersihkan cairan oli diperlukan penanganan khusus, karena apabila membersihkan dengan cara biasa atau menggunakan alat pel hanya akan membuat sisa tumapahan oli semakin melebar dan membahayakan banyak orang.


Salah satu cara membersihkan tumpahan oli secara tradisional ialah dengan menggunakan pasir atau serbuk kayu. Cara ini sering dipakai beberapa orang karena dianggap cepat dan praktis.


Namun tahukah anda bahwa cara tradisional ini justru akan memakan waktu yang cukup lama karena pasir atau serbuk kayu bukanlah material yang mudah untuk menyerap cairan hidrokarbon atau oli, selain itu setelah oli sudah terserap maka pekerjaan selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membersihkan butiran pasir yang tersisa sehingga memakan waktu pembersihan dua kali lebih lama.


Bagaimana jika tumpahan oli terjadi pada mesin produksi?


Tentu jelas tidak mungkin menggunakan anda akan menuangkan pasir atau serbuk kayu ke arah mesin, karena apabila pasir dan serbuk kayu masuk kedalam mesin maka hanya akan menambah permasalahan baru yang akan terjadi, sehingga cara tradisional ini bukanlah cara cepat dan tepat untuk membersihkan tumpahan oli.


Lalu bagaimana cara terbaik dalam membersihkan tumpahan oli?


Mungkin sebagian besar orang akan asing dengan Oil Spill Kit. Oil Spill Kit ialah produk yang sering digunakan dalam dunia industri didesain khusus untuk menangani segala macam jenis tumpahan oli baik di lantai kerja, peralatan kerja, hingga genangan air. Oil Spill Kit dinilai jauh lebih praktis dan cepat, terutama untuk mengatasi tumpahan oli dengan kapasitas banyak, mudah digunakan tanpa harus melakukan dua kali proses kerja seperti pada cara tradisional. Dalam 1 paket Oil Spill Kit biasanya terdapat beberapa jenis penyerap seperti absorbent pad, pillow dan boom.


1. Oil Absorbent Pad



Penyerap ini berbentuk lembaran berukuran 40x50 cm dengan kapasitas penyerapan sebesar 0,5 liter/lembar, cara penggunaannya cukup mudah karena hanya perlu meletakkan Oil Absorbent Pad diatas area tumpahan oli kemudian tunggu beberapa saat maka tumpahan oli akan terserap secara cepat. Selain ramah lingkungan Oil Absorbent Pad juga tidak meninggalka residu, sangat baik digunakan untuk membersihkan peralatan kerja dan mesin-mesin.


2. Oil Absorbent Pillow


Sama seperti namanya, penyerap ini berbentuk bantal berukuran 20x25 cm dengan kapasitas penyerapan sebesar 4 liter/bantal, cara penggunaan cukup mudah sama seperti Oil Absorbent Pad yaitu meletakkan Oil Absorbent Pillow diatas area tumpahan, sangat baik digunakan dengan volume yang lebih besar karena memiliki daya tampung dan serap yang lebih dari Oil Absorbent Pad. Selain ramah lingkungan Oil Absorbent Pillow ini sangat baik digunakan untuk membersihkan tumpahan di lantai dan genangan air.


3. Oil Absorbent Boom


Penyerap ini berbentuk sama seperti guling, Oil Absorbent Boom memiliki ukuran panjang 1,2 m dan diameter 7,5 cm dengan kapasitas penyerapan lebih besar daripada Oil Absorbent Pillow, cara penggunaan cukup mudah yaitu dengan meletakkan Oil Absorbent Boom di sekitar area tumpahan yang bertujuan untuk membatasi area tumpahan oli tidak meluas, sehingga tumpahan oli hanya akan tertahan pada area lingkaran yang telah disesuaikan.


Oil Spill Kit yang disebutkan diatas terbuat dari bahan yang didesain khusus bersifat Hydrophobic yaitu bahan yang anti air atau menolak air, sehingga dapat digunakan pada medan basah atau tergenang tanpa menyerap air sedikitpun.


Temukan produk Oil Spill Kit dan beberapa produk Oil Absorbent lainnya di Sellcons Solutions.