Tips & Trik

CARA TEPAT MEMILIH KACAMATA SAFETY DENGAN BENAR


Alat Pelindung Diri atau APD merupakan salah satu metode untuk mencegah terjadinya bahaya, namun tidak berarti bahaya dapat dihilangkan secara keseluruhan. Perlu diketahui bahwa bahaya dapat terjadi kapanpun dan dimanapun sehingga apabila pekerja telah menggunakan APD setidaknya dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja.


Salah satu contoh APD yang penting untuk digunakan adalah kacamata safety atau kacamata pelindung. Kacamata safety tentu berbeda dengan kacamata biasa pada umumnya, kacamata safety berfungsi untuk melindungi mata kita dari bahaya yang dapat terjadi di lingkungan kerja. Banyak sumber bahaya yang tidak disadari oleh para pekerja secara langsung seperti , cipratan bahan kimia, proyektil benda keras, debu katalis, welding, milling dan grinding. Hampir setiap industri membutuhkan kacamata safety untuk melindungi para pekerja dari bahaya yang dapat terjadi.


Lalu bagaimana cara kita dapat mengetahui kacamata safety mana yang aman dan nyaman untuk digunakan dalam berkerja?


Untuk memilih kacamata safety yang tepat, langkah pertama yang dapat dilakukan ialah dengan mengetahui terlebih dahulu standar yang digunakan dalam industri yang dijalankan, salah satu standar yang dapat dijadikan acuan ialah ANSI Z87 / American National Standards Institue Z87.


Standar ANSI Z87.1-2010 dan Z87.1-2015 telah menjadi standar yang paling banyak digunakan di banyak negara. Standar ANSI Z87.1 mengharuskan adanya tanda pelindung mata yang terkait dengan kemampuan perangkat untuk dapat bertahan terhadap bahaya tertentu.


Berikut beberapa cara atau hal yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli kacamata safety berdasarkan standar ANSI:


Standar ANSI :

- Dalam membeli kacamata safety perhatikan adanya tanda "Z87.1" di lensa atau framenya.

- Bahan yang digunakan untuk lensa terbuat dari bahan polikarbonat atau trivex, karena bahan tersebut dianggap bahan terbaik dalam segi perlindungan.

- Sesuaikan kebutuhan kacamata safety dengan lingkungan kerja untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

- Pastikan kacamata safety sesuai dengan kontur wajah dari penggunanya, sehingga aman dan nyaman saat digunakan.

- Bila pekerjaan memerlukan pelindung keselamatan tambahan, maka carilah bentuk kacamata yang dapat menyesuaikan dengan keperluan tersebut.


Selain menggunakan standar ANSI, pastikan juga anda memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memilih kacamata safety:


1. Cermati Harga dan Masa Pemakaian

Jangan mudah tertipu dengan produk berharga miring! sebab anda tidak pernah tau apakah kualitas atau bahan yang digunakan bagus atau tidak, terlebih pada toko yang tidak memberikan keterangan dengan jelas, karena harga barang cenderung berbanding lurus dengan kualitas barang yang ditawarkan.

Selain harga, anda juga perlu mempertimbangkan masa pakaian kacamata tersebut, berapa lama umur kacamata dapat bertahan ditingkat terbaiknya, karena kacamata dengan harga yang murah biasanya memiliki masa pemakaian yang cukup singkat, akan lebih baik jika membeli sekali dengan harga mahal dengan masa pemakaian yang dapat bertahan relatif lama.


2. Pastikan Terdapat Masa Garansi Pembelian

Pilihlah produk yang memiliki masa garansi, hal ini penting karena anda dapat menghemat uang apabila kacamata mengalami kerusakan dalam masa garansi. Kacamata safety bergarasi hanya ditawarkan oleh brand-brand tertentu yang menjamin kualitas terbaik dengan harga yang lebih tinggi.


Sangat penting untuk mengetahui kacamata mana sesuai dengan kebutuhan pekerja, sehingga pekerja dapat merasa aman dan nyaman saat melakukan aktivitasnya, terutama di lingkungan kerja yang berpotensi tinggi terjadi bahaya terhadap mata.


Temukan kacamata safety yang tepat untuk keperluan pekerjaan anda di Sellcons Solution.