News

KENALI BERBAGAI JENIS SARUNG TANGAN SAFETY DALAM DUNIA INDUSTRI


Dalam dunia industri, penggunaan sarung tangan pelindung atau sarung tangan safety sudah menjadi kewajiban bagi para pekerja khususnya pada bagian produksi, pengemasan dan penyimpanan. Penggunaan sarung tangan ini bertujuan untuk melindungi tangan pengguna dari berbagai bahaya yang ada di tempat kerja sehingga pekerja akan merasa aman dan nyaman dalam melakukan pekerjaannya.


Terdapat berbagai inovasi sarung tangan safety yang telah diciptakan khususnya untuk mengatasi setiap permasalahan yang terjadi di berbagai bidang industri, lantas apa sajakah jenis-jenis sarung tangan safety yang banyak digunakan dalam dunia industri?, mari kita ulas tuntas berbagai jenis sarung tangan safety!


1. Impact Hand Gloves

Impact hand gloves ialah sarung tangan dengan fitur shock absorber, dapat melindungi pengguna dari resiko tertimpa benda berat dengan bahan yang dapat meredam atau menyerap energi tumbukan sehingga tangan tetap aman. Sarung tangan sangat cocok digunakan oleh para pekerja yang berada di tempat penyimpanan atau warehousing.


2. Cut & Pucture Resistant Gloves


Cut & pucture resistant gloves ialah sarung tangan yang sering digunakan oleh para pekerja khususnya bagian permesinan, dengan formulasi nitrile sarung tangan ini dapat menahan abrasi yang diakibatkan oleh gesekan benda kasar atau mesin serta  tahan terhadap sayatan benda tajam. Menjamin keamanan pekerja pada lini produksi khususnya permesinan.


3. Anti-Slip Hand Gloves


Anti-slip hand gloves ialah sarung tangan anti slip yang dilengkapi dengan grip technology, berguna untuk memudahkan pekerja mengenggam benda dalam kondisi berminyak maupun basah dengan kuat tanpa slip. Memiliki fitur microchannel yang dapat menyerap fluida cair yang menempel pada objek yang akan diambil sehingga kontak antara objek dengan sarung tangan tidak terhalangi dengan cairan-cairan apapun.


4. Lifting Hand Gloves


Lifting hand gloves ialah sarung tangan yang paling banyak ditemukan dipasaran, sarung tangan ini digunakan untuk melindungi tangan dari goresan ringan terhadap benda tajam dan meminimalisir potensi slip saat mengangkat objek. Terbuat dari katun berserat dengan lapisan karet pada bagian telapak untuk menambah daya cengkram saat mengangkat objek.


5. Heat Resistant Gloves


Heat resistant gloves ialah sarung tangan yang terbuat dari bahan leather atau kulit dan bagian dalamnya terdapat lapisan kain yang halus. Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari paparan panas atau suhu yang tinggi, biasa digunakan dalam industri yang melakukan proses pemanasan atau peleburan seperti industri logam. Sarung tangan ini juga sering disebut sarung tangan las, karena banyak digunakan dalam pekerjaan pengelasan, blander (cutting torch) dan berbagai pekerjaan lain yang berhubungan dengan suhu tinggi.


6. Chemical Resistant Gloves


Sesuai dengan namanya, chemical resistant gloves ialah sarung tangan yang banyak digunakan oleh pekerja yang berinteraksi langsung dengan bahan-bahan kimia seperti laboratorium, industri kimia, industri makanan dan minuman hingga kesehatan/medis. Sarung tangan ini biasanya terbuat dati bahan latex, nitrile, vinyl dan PVC. Memiliki sifat tidak tembus cairan sehingga menjaga tangan tetap aman dari paparan cairan kimia.


Setelah mengetahui berbagai jenis sarung tangan safety dalam dunia industri, tentunya anda telah mengetahui sarung tangan mana yang anda butuhkan untuk tetap menjaga keamanan tangan dan kenyamanan anda dalam melakukan pekerjaan.


Temukan berbagai sarung tangan safety yang tepat untuk keperluan pekerjaan anda di Sellcons Solution.