Tips & Trik

SOLUSI TERBAIK MENGATASI KEBISINGAN DITEMPAT KERJA


Apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi risiko paparan kebisingan yang ada di tempat kerja?


Bagi anda yang bekerja di bidang industri manufaktur, konstruksi, transportasi atau musik dan hiburan, anda haruslah waspada terhadap risiko paparan kebisingan. Hal ini disebabkan paparan kebisingan di industri rata-rata melebihi nilai ambang batas (NAB) 85dBA dengan jangka waktu pemaparan 8 jam/hari. 


Paparan kebisingan yang terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan gangguan pendengaran akibat bising (GPAB), stres, produktivitas kerja menurun sampai meningkatkan risiko kecelakaan kerja. Bukan hanya itu, GPAB dapat mengakibatkan kemampuan pekerja dalam menangkap sinyal peringatan, percakapan dan komunikasi menjadi terbatas. 


Maka dari itu, meski paparan kebisingan dalam industri tidak dapat dihilangkan, namun risiko paparan kebisingan dapat ditekan atau diminimalkan dengan cara menggunakan alat pelindung diri khususnya Earmuff dan Earplug


Earmuff dan Earplug merupakan alat pelindundung diri yang digunakan untuk melindungi telinga dari paparan kebisingan yang ada di area industri. Meski memiliki fungsi yang sama namun keduanya memiliki pengaplikasian yang berbeda. 


Earplug 


Earplug atau biasa disebut dengan peyumbat telinga merupakan alat untuk menyumbat atau menutup telinga yang bertujuan untuk melindungi dan mengurangi risiko paparan kebisingan yang masuk. Selain penggunaan yang praktis Earplug dapat menurunkan intensitas suara hingga mencapai 30dBA


Dalam memudahkan penggunaannya terdapat  Earplug yang memiliki tali sehingga lebih mudah dilepaskan pada saat pekerjaan selesai. Ukuran diameter Earplug berkisar antara 3mm hingga 14mm, namun yang umum dan mudah dijumpai di Indonesia biasanya antara diameter 5mm hingga 11mm. 


Earmuff


Berbeda dengan earplug, earmuff menutup seluruh bagian telinga termasuk juga daun telinga. Earmuff juga dapat dipakai berulang-ulang. Pemasangan yang mudah sehingga lebih nyaman digunakan dibandingkan earplug. Earmuff dapat digunakan hingga tingkat kebisingan 110dBA dan menurunkan tingkat kebisingan hingga 40dBA. 


Sedikit penjelasan tentang perbedaan antara Earplug dan Earmuff. Apabila anda masih sulit untuk menentukan pilihan, maka sesuaikan dengan kondisi di tempat anda bekerja. Earmuff lebih cocok untuk area kerja yang lebih bising. 


Temukan berbagai produk Earplug dan Earmuff hanya di Sellcons Solutions.