News

KENALI BERBAGAI JENIS KACAMATA SAFETY DALAM DUNIA INDUSTRI


Tak dapat disangkal bahwa mata merupakan salah satu organ penting bagi manusia, dalam industri manapun kesehatan mata sangat diutamakan khususnya bagi para pekerja, dengan mata yang sehat pekerja dapat dengan mudah melakukan semua aktivitas dengan baik. Namun tidak banyak orang sadar untuk dengan rutin memeriksakan kesehatan mata mereka, alhasil beberapa kasus permasalahan mata baru disadari setelah kondisi kesehatan mata yang sudah mulai memburuk. Oleh karena itu mata yang sangat berharga ini seharusnya dilindungi dan diprioritaskan.


Berbagai inovasi telah dikembangkan untuk menciptakan produk pelindung mata atau disebut juga kacamata safety, kacamata safety yang diciptakan untuk melindungi mata saat bekerja terutama pada tempat-tempat yang memiliki tingkat resiko cidera pada organ mata seperti ruang produksi, workshop, tambang, perakitan, laboratorium dan lainnya. Jenis-jenis kacamata safety diciptakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berbeda-beda pada tiap industri, lantas apa sajakah jenis-jenis kacamata safety yang banyak digunakan dalam dunia industri?, mari kita ulas tuntas berbagai jenis kacamata safety!


JENIS-JENIS KACAMATA SAFETY DAN FUNGSINYA:


1. Safety Spectales


Safety spectacles atau lebih dikenal kacamata safety bening memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kacamata biasa pada umumnya, perbedaan kacamata ini dengan kacamata biasa ialah desain lensa samping yang melebar menutup celah bagian samping bertujuan untuk memberikan perlindungan maksimal dari partikel berbaya seperti debu, bahan kimia, logam dan sumber penyakit yang dapat masuk kedalam mata.


2. Googles/Overspecs


Mirip seperti kacamata renang namun secara fungsional hampir sama dengan jenis kacamata spectacles seperti diatas, kacamata googles didesain untuk lebih menutupi seluruh celah yang terdapat pada mata, mulai dari bagian depan dan atas yang menonjol sehingga terdapat ruang yang besar antara mata dan lensa, bagian samping dan bawah melebar kebelakang memenuhi kontur wajah hingga tidak memiliki celah menjamin perlindungan super maksimal dari partikel kecil seperti debu, bahan kimia, logam dan sumber penyakit yang dapat masuk kedalam mata.


3. Face Shield


Dalam masa pandemi seperti saat ini, face shield banyak digunakan baik oleh masyarakat umum maupun tenaga kesehatan/medis, face shield ialah jenis kacamata full face yang berfungsi untuk melindungi seluruh area pada wajah dari partikel kecil seperti debu, cipratan bahan kimia, logam dan penyakit yang dapat menular melalui air liur seperti bakteri atau virus. Face shield terbagi menjadi 2 jenis yaitu face shield industri dan face shield kesehatan/medis, perbedaan kedua jenis tersebut lebih terletak pada fitur dan kegunaan yang telah disesuaikan untuk kegiatan dalam masing-masing industri. Face shield memiliki desain hampir sama seperti kaca helm dengan tingkat proteksi yang lebih baik daripada safety googles.


4. Visor/Browguard


Bentuk yang hampir sama dengan face shield, hanya saja visor dilengkapi dengan pelindung kepala sebagai asesoris tambahan guna melindungi kepala bagian atas. Visor juga memiliki bahan yang lebih kuat dan tidak mudah lepas dengan sistem headband yang dapat diatur kekencangan sehingga nyaman dan fit saat digunakan. Visor dapat menjamin perlindungan yang lebih menyeluruh dibandingkan kacamata safety jenis face shield, karena desain yang telah disesuaikan untuk melindungi seluruh area wajah dari bagian depan dan atas kepala.


5. Welding Glasses


Terakhir ialah jenis kacamata safety yang memiliki fungsi untuk meredam cahaya, kacamata ini juga sering disebut kacamata las untuk melindungi mata dari kilatan cahaya ekstrem dan radiasi panas. Lensa kacamata welding memiliki shade atau kegelapan yang bisa diatur sesuai kebutuhan agar mata tidak silau dalam menjalani kegiatan pekerjaan las.


Mengutamakan keselamatan lebih baik daripada mengobati dikemudian hari, karena kesehatan mata merupakan aset yang sangat penting bagi setiap pekerja di segala jenis industri, pilihlah kacamata safety seusai dengan kebutuhan dan fungsi yang ditawarkan, sehingga dapat menjamin perlindungan yang baik bagi mata kita.


Temukan kacamata safety yang tepat untuk keperluan pekerjaan anda di Sellcons Solutions.