News

ARTI WARNA HELM SAFETY DALAM DUNIA INDUSTRI


Apakah anda pernah memikirkan mengapa setiap pekerja di sebuah industri memakai helm safety dengan warna yang berbeda-beda?


Sebelum kita membahas mengenai arti dari warna-warna sebuah helm safety, mari kita ketahui terlebih dahulu, sejak kapan helm safety mulai digunakan sebagai alat pelindung diri.


Dalam sejarah, pertama kali ide pembuatan helm safety bermula pada para pekerja docking atau galangan kapal yang sering mengeluhkan diri tertimpa material kecil seperti koral laut dan serpihan badan kapal, salah satu pekerja memanfaatkan sisa aspal yang kemudian dikeringkan hingga mengeras, kemudian memanfaatkannya sebagai helm pelindung. Dari sanalah secara resmi helm keselamatan pertama kali dikembangkan pada tahun 1912 di Worker's Accident Insurance Institue Kingdom of Bohemia.


Alasan mengapa helm safety memiliki banyak warna ialah sebagai tanda pengenal dasar untuk membedakan para pekerja dalam suatu industri sesuai dengan jabatan dan job desk masing-masing, selain itu helm safety juga memiliki warna-warna yang sangat mencolok berfungsi untuk memudahkan penggunanya aga terlihat oleh orang lain sehingga mengurangi tingkat kecelakaan kerja akibat tertabrak atau terlindasnya pekerja dalam area kerja.


Untuk mengetahui maksud dari perbedaan warna pada helm safety, berikut adalah penjelasan arti dari warna-warna helm safety dalam dunia industri:


- Helm safety putih : digunakan oleh manager, pengawas, insinyur dan mandor

- Helm safety biru : digunakan oleh electrical contractor dan site supervisor

- Helm safety kuning : digunakan oleh subcontractor atau pekerja umum

- Helm safety oranye : digunakan oleh tamu perusahaan atau visitor

- Helm safety hijau : digunakan oleh pengawas lingkungan

- Helm safety merah : digunakan oleh safety officer atau pengawas bagian keamanan


Pada dasarnya arti warna pada setiap helm safety tersebut tidak sama pada setiap negara maupun setiap industri, misal pada industri pertambangan dan gas, helm safety berwarna kuning digunakan oleh para divisi atas seperti engginer dan tata ahli, namun pada industri dalam bidang konstruksi helm kuning digunakan oleh para pekerja golongan paling rendah.


Sangat penting untuk menjaga kelayakan dan keamanan helm safety sebelum digunakan oleh pekerja, karena apabila terjadi sedikit kerusakan pada helm safety maka resiko ternyadinya kecelakaan akan semakin besar dan hal tersebut harus segera diatasi dengan penggantian unit baru.


Temukan Helm Safety yang aman dan tepat untuk keperluan pekerjaan anda di Sellcons Solutions.